Pentingnya Menumbuhkan Kepedulian anak terhadap makhluk hidup di sekitar
Nilai : 67
A. Abstraksi
Berdasarkan data, ancaman kepunahan fauna di dunia meningkat sebesar 30% dimana ilmuwan meneliti 22.784 spesies kepunahan menjadi hal yang mengerikan bagi lingkungan , disinilah pentingnya peran dari institusi pendidik kepada anak untuk menggagaskan suatu ekstrakurikuler yang berkonsentrasi terhadap kepedulian flora dan fauna di alam sekitar
B. Pendahuluan
Kepunahan sebagian besar merupakan sumbang tangan manusia. Berdasarkan data 30% ancaman kepunahan flora dan fauna, karena penurunan populasi drastis sejak tahun 2000an, salah satunya yaitu kebiasaan konsumsi manusia yang berlebihan dan beberapa flora dan fauna yang umumnya bukan bahan konsumsi, manusia malah memburu hal-hal tersebut, contohnya : hiu, selain itu manusia juga memburu hewan langka sebagai hiasan seperti harimau, beruang, gajah.
Dimana pendidikan disini berperan untuk pengembangan kesadaran cinta alam dan bahayanya populasi fauna yang kian menipis. Institusi pendidikan bisa menciptakan suatu kegiatan pengenalan terhadap kondisi lingkungan fauna dan penumbuhan psikologi anak untuk senantiasa menjaga lingkungan dari hal-hal yang kecil, contohnya : konsumsi hewan yang umum dikonsumsi dan mudah untuk dikembangbiakan.
C. Kesimpulan
Indonesia dapat menjadi salah satu negara yang mencanangkan dan menerapkan kepedulian terhadap fauna sejak usia dini. Dengan adanya pencetusan kegiatan ini, cikal bakal penerus bangsa dapat memiliki kesadaran sedini mungkin untuk cinta dan peduli dengan lingkungan serta flora & fauna yang ada di Indonesia dan diharapkan dapat menurunkan angka kepunahan.
Pengaruh Sinetron Terhadap Pendidikan Moral Anak
Nilai : 68
A. Abstrak
Tingkat pendidikan lanjut atas/sekolah menengah atas dan sekolah kejuruan adalah potensi lembaga jika siswa diteliti lebih lanjut karena para remaja di tahap lanjut memiliki lebih banyak kesulitan dalam masa transisi mereka. Para remaja harus mendapat perhatian khusus sehingga penelitian akan mencari tau seberapa besar pengaruh muncul sebagai konsekuensi dari menonton televisi. Terutama untuk perkembangan pendidikan anak. Peneliti ingin tau lebih banyak tentang pengaruh program pertelevisian atau sinetron.
B. Pendahuluan
Program televisi memiliki banyak keunggulan diantaranya orang dapat melihat gambar-gambar yang menarik indah berwarna. Tidak hanya menarik dimata tetapi juga bisa membawa perasaan yang menontonnya program televisi tidak hanya ditonton oleh orang dewasa saja melainkan anak-anak juga menontonnya, hampir semua program televisi yang tayang saat ini tidak mendidik terlihat dari anak sekolahan yang banyak mencontoh program-program televisi, misalnya : anak SD pacaran, meniru adegan melawan orangtua, merusak moral, dan berbagai hal lainnya.
C. Kesimpulan
Program televisi harus lebih disaring terhadap program-program yang ditayangkannya, serta orangtua yanng harus tetap mengontrol ketika anak-anaknay sedang menonton televisi. Kerna jika dibiarkan lama kelamaan akan berdampak semakin besar bagi sikap serta pendidikan moral anak.
Pengaruh Bimbel Pena Bangsa Terhadap Prestasi Belajar Adik Asuh Pena Bangsa
EduXEntrep
Nilai 68
A. Abstrak
Menurut hasil tinjauan lapangan yang telah dilakukan organisasi Pena Bangsa, ditemukan adanya kesenjangan kualitas sekolah dasar di bidang sosial pendidikan di sekitar kampus Universitas Padjajaran dari hasil kunjungan sekolah dadsra di Jatinangor. Terdapat beberapa sekolah yang belum memenuhi standar kualitas yang mencukupi ukurannya. Untuk kualitas sekolah dasar tentunya mempengaruhi minat & prestasi belajar peserta didik. Adanya sekolah dasar yang tidak menyediakan mata pelajaran bahasa Inggris dan sekolah dasar yang enggan meningkatkan mutu pembelajaran, memperburuk motivasi belajar dan keberlanjutan studi siswa kedepannya. Karya tulis ini menggunakan data primer dari divisi edu pena bangsa tahun kepengurusan 2018/2019. Prestasi adik diukur dari data tulis tiap bimbel dan data perolehan bintang. Metodologi yang digunakan adalah studi literatur dab observasi data
Keywords : prestasi, pendidikan, pena bangsa
B. Pendahuluan
Pendidikan merupakan salah satu komponen untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia. Pentingnya pendidikan dasar bagi peserta didik merupakan sebuah hal yang layaknya kita perhatikan dikarenakan pendidikan merupakan pembentuk watak, serta meningkatkan kualitas peradaban bangsa yang bermartabat untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.
Berdasarkan data dari kemendikbud, 50% pekerja di Jatinangor merupakan lulusan sekolah dasar, ini menunjukkan adanya kualitas sumber daya manusia yang sangat rendah. Meningkatkan prestasi belajar peserta didik merupakan salah satu hal yang dapat kita lakukan yang bisa dicapai dengan adanya program bimbingan belajar untuk peserta didik sekolah dasar. Pena bangsa mencoba mencapai tujuan ini dengan mengadakan perekrutan peserta didik tingkat SD yang disebut adik asuh dan penyelenggaraan bimbingan belajar gratis setiap minggunya dengan harapan untuk meningkatkan prestasi adik asuh
C. Kesimpulan
Dari studi literatur dan observasi data yang telah kami lakukan selama 5 minggu pelaksanaan program bimbel, dapat terlihat peningkatan prestasi tiap pertemuannya. Dari data kelas 6, ada 3 murid yang berhasil meraih prestasi tertinggi dari prestasi yang terendah. Dari data perolehan bintang juga diketahui minat belajar yang juga meningkat yaitu sebanyak 30% peningkatan.
Adopting 21th Century Curriculum to Every School in Indonesia
Nilai 7
A. Abstrak
(Zainal Arifin & Adhi Setiyawan 2017) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi menuntut pergeseran paradigma pembelajaran konvensional menuju pembelajaran berbasis ICT. Paper ini memaparkan beberapa strategi pembelajaran aktif dan pengembangan pembelajaran dengan ICT. Harapannya dengan adanya ICT mampu diterapkan di kurikulum pembelajaran di abad 21 ini. Selain itu, pembelajaran ICT akan membantu guru mengondisikan kelas dan meningkatkan peran aktif siswa.
(John Wiley & Sons, Inc. 1997) with this powerful book/CD Room package and integrated website, you will get a complete how to guide to building an online education system. Experts Mc Cormack and Jones explore the principles behind online education and help you to determinate what type of system will work best for your situation. They then present a number of different system models, as well as the insight, advice, and tools you need to adapt them to your needs. Step by step, they take you through all phase of a project.
Konsep “smart city” atau kota cerdas kini mulai diterapkan di berbagai kota besar di Indonesia. Konsep ini mengetengahkan sebuah tatanan kota yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat, salah satunya informasi di bidang pendidikan dalam inovasinya yaitu smart school.
B. Kesimpulan
Platform ini merupakan Next generation masa depan pendidikan Indonesia. Indonesia memiliki total kurang lebih 23 juta penduduk usia sekolah. Diperkotaan jumlah yang diterapkan adalah 24 juta.
Pentingnya Pendidikan Bagi Anak Indonesia
Kel. Huda, audrey,aca,bey
Nilai 7
A. Abstrak
Bank Indonesia mencatat sejak 10 tahun terakhir jumlah uang koin yang beredar mencapai 6 triliun yang artinya kebutuhan terhadap uang koin terus meningkat. Namun jumlahnya tidak seberapa dengan uang yang beredar di masyarakat dari 60% uang koin yg beredar di Indonesia hanya 16% yang tercatat kembali ke Bank Indonesia.
Pada tahun 2012 kemendikbud, terdapat 75% sekolah di Indonesia tidak mendapatkan fasilitas yang layak.
B. Isi
Di beberapa daerah perbatasan penggunaan uang koin mulai berkurang. Sementara disisi lain, fasilitas pendidikan di daerah perbatasan juga masih dikategorikan belum cukup layak, tidak berlakunya uang koin ini berpotensi dapat menyebabkan meningkatnya kenaikan harga.
Dibutuhkan sinergi antara BI sebagai kondektur uang dengan kemendikbud sebagai otoritas pendidikan di indonesia untuk membelokkan arah perputaran uang koin di Indonesia sebagai salah satu pendorong investasi pendidikan di indonesia
Skema
C. Kesimpulan
Daerah perbatasan Indonesia yang membutuhkan perhatian lebih untuk sektor pendidikan, melihat tersendatnya peredaran uang koin di daerah perbatasan. Adanya SNCO dapat membantu peningkatan investasi pendidikan dengan cara pengalokasian sebagian dari uang koin yang terhimpun.
D. Sumber
Tirto.id/koin-yang-terbuang-nasib-malang-uang-recehbpuj
Batam.tribunnews.com
BI
Republika
Acceleration Program for Gifted and Talented Student In Indonesia
Kel. Nida, Zelika, Adila, Hedy, Michelle
Nilai 73
A. Abstrak
The department of national education has provided legal regulation allowing schools to provide accelerations opportunities for gifted students.
In section 5 article 4 of National education system act stated that any citizen who has special talent and intelligence should get special education.(Depdiknas, 2003). The acceleration program has its own superiority as well as weaknesses which are different from the regular program. This paper presents an anlysis of the difference between regular student and non regular student.
B. Pendahuluan dan isi
Curriculum is a planned system that designed to manage the theaching and learning process. Curriculum can prepare the students to enhance their ability by group student in special class (acceleration). Acceleration is a program provided by the school to accelerate the educational process of students. Accelerations implies that academically advanced students will progress faster through the school system than other students.
Acceleration class provides students subject materials same as the regular class and also similar curriculum. The difference between acceleration and regular in curriculum is only about the time. Theacher dont need to take much time to discuss certain materials in acceleration class. The teacher only teaching the basic or surface of the sylabuss in acceleration class, it becomes students sub to finish the rest of material by discussing etc.
Acceleration students have different achievment with normal students which are follows :
1. The acceleration classes provides student to have high ability, high intellegence so they mostly reach higher achivement than normal student.
2. The acceleration classes serve a more effective learning from the student that enable to gain higher grade compare to regular classes
3. The acceleration classes have higher pressure and time management due to double syllabus and shorter amount of time
C. Conclusion
Curriculum is a planned system that applied by school to manage and control every programs in school. Acceleration classroom program in school is planned to speed up students in learning. It gived students in enchancing their achievement. Then, it provides a better chance for the gifted students to speed their learning. Based on points explained before, there are differences in achievements between acceleration students and regular students. Indonesia should provide the accelerated classroom in the schools to enchance students achievement.
Pengaruh Game Online terhadap kreativitas dan minat belajar.
A. Abstract
Belum lama ini, unit teknologi merilis laporan terbaru mengenai perkembangan pasar game mobile dunia sepanjang tahun 2016. Didapati bahwa pemasukan industri game secara global telah mencapai $40,6 milyar (sekitar 541 triliun).
Minat belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor diantaranya, lingkungan sosial, cita-cita, kesiapan, bakat, dan penunjang pendidikan. (Hidayatullah.S,B.2010). Minat belajar sangat penting untuk menunjang keberhasilan siswa.
B. Pendahuluan dan isi :
Teknologi informasi adalah salah satu asperk yang tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia. Karena teknologi informasi sudah ada sejak berabad-abad lalu, dan masih berkembang sampai sekarang. Teknologi informasi semakin berkembang dan pada tahun 1970 ketika munculnya jaringan komputer berbasis paket seperti LAN, WLAN, dan menjadi Internet. Game online muncul berasal dari games simulasi perang yg dibuat untuk kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersilkan dan terus berkembang sampai game yang muncul belakangan ini.
Perkembangan game pun sangat berpengaruh kepada anak-anak dan anak-anak cenderung menggemari permainan online yang berbau kekerasan. Hal ini perlu diperhatikan karna akan berdampak buruk bagi anak-anak dan sangat berbahaya menurut Price (2011:48) kecanduan ditandai dengan tidak terkontrolnya dalam bermain, keasyikan, dorongan atau perilaku mengenai penggunaan komputer dan layanan internet salah satunya bermain game.
Siswa yang bermain game berlebihan akan menyebabkan kecanduan, berbagai dampak dan akibat dapat timbul dari kecanduan game ini, diantaranya adalah siswa yang akan cenderung mengalami penurunan motivasi belajarnya sehingga hasil belajar dan prestasinya ikut menurun. Pikiran siswa yang kecanduan game akan lebih memikirkan perkembangan game nya daripada perkembangan belajarnya.
C. Kesimpulan
Seiring berjalannya waktu, teknologi berkembang semakin maju dalam bentuk teknologi informasi maupun hiburan yang dalam kasus ini adalah game online. Dengan meningkatnya jenis dan ragam dari game online, maka kita harus memperbaiki juga sistem belajar terutama dengan melibatkan teknologi yang menarik dan tidak kalah canggih agar dapat diperhatikan juga oleh siswa selain dari gamenya